Urgensi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman

Nelfadina, Silvi (2023) Urgensi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Silvi_Nelfadina_18329214_946_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Suatu bangsa hanya bisa bertahan selama masyarakatnya masih memiliki akhlak yang baik. Apabila akhlak telah lenyap dalam bangsa tersebut, lenyap pulalah bangsanya. Kenyataan yang terjadi saat ini, banyak permasalahan yang berkaitan dengan akhlak bermunculan. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan. Terlebih lagi, permasalahan ini juga dilakukan oleh pelajar/generasi penerus bangsa. Hal inipun juga pernah terjadi di SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Namun, hal ini dilakukan oleh siswa yang belum bergabung dengan Pramuka atau yang masih kurang aktif mengikuti ektrakurikuler Pramuka. Setelah mereka aktif mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan mereka mulai serius maka akhlaknya juga perlahan-lahan mulai berubah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji lebih dalam lagi dan juga mendeskripsikan mengenai pelanggaran-pelanggaran akhlak yang terjadi di SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, keunggulankeunggulan ekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, dan pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka terhadap akhlak siswa SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data penelitian ini, menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan dan dikumpulkan, selanjutnya data penelitian tersebut direduksi, disajikan dalam bentuk uraianuraian, dan disimpulkan, serta diverifikasi. Adapun dalam menguji keabsahan data penelitian ini, dilakukan dengan uji kredibilitas data tersebut, yang dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini, pelanggaran-pelanggaran akhlak yang terjadi di SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, adalah berbicara dan bersikap kurang baik dan kurang sopan, suka berolok-olok secara berlebihan, dan kurang menghargai. Selain itu, adanya siswa yang tidak disiplin, dan bermalas-malasan sekolah. Hal ini dilakukan oleh yang bukan Pramuka atau belum aktif di ekstrakurikuler Pramuka. Adapun keunggulan yang menonjol dari ekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman ini adalah kegiatan-kegiatannya menarik dan menyenangkan, serta selalu mengadakan pembinaan terkait dasa darma Pramuka dan evaluasi setiap pertemuan. Karena pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman ini, selalu mengadakan pembinaan terkait dasa darma Pramuka dan evaluasi setiap pertemuan, ketika dasa darma ini sudah melekat dalam diri Pramuka, dan diamalkan oleh Pramuka kapanpun dan dimanapun mereka berada, Pramuka ini memiliki akhlakul karimah. Dengan hal ini, dapat dipahami juga bahwa pentingnya pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk akhlakul karimah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:39
Last Modified: 02 Nov 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47906

Actions (login required)

View Item View Item