Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara

Setiawan, Dedet Agus (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DEDET_AGUS_SETIAWAN_19031005_6139_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara adalah rendahnya motivasi belajar siswa, guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan yang bersifat teacher centered, peserta didik kurang terlibat aktif dalam langkah�langkah model pembelajaran yang bervariasi, dan rendahnya kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase E di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik Fase E.7 sebagai kelas eksperimen dan Fase E.5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tertulis berupa soal esai dengan jumlah 5 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata tes kemampuan argumentasi ilmiah pada kelas eksperimen yaitu 82,4 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 75,4. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:38
Last Modified: 02 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47904

Actions (login required)

View Item View Item