Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Padang.

Maharani, Bella Zahra (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_BELLA_ZAHRA_MAHARANI_19029137_5134_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Faktanya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2023/2024 masih rendah. Solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check yang dapat membuat peserta didik mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung pada kelas VIII MTsN 1 Kota Padang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai P-Value 0,000. Karena P�value < a = 0,05, artinya tolak H0, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:40
Last Modified: 02 Nov 2023 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47900

Actions (login required)

View Item View Item