Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam

Milenia, Anggia Rahma (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANGGIA_RAHMA_MILENIA_18029003_34_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan tujuan dasar yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan data hasil penilaian harian pada materi program linear didapatkan fakta dilapangan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam masih rendah. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non equivalent posttest-only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari empat kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil nilai kuis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam selama diterapkannya model pembelajaran STAD. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan menggunakan uji t diperoleh P - Value = 0,006 , yang artinya tolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:39
Last Modified: 02 Nov 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47899

Actions (login required)

View Item View Item