Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS di SMAN 11 Tebo, Jambi

Alim, Roki Nur (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS di SMAN 11 Tebo, Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ROKI_NUR_ALIM_18045080_1518_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada aktifitas dan interaksi di antara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model STAD terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 11 Tebo, Jambi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah quarsi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-postest nonequivalent control disign. Sampel yang diambil pada penetian ini sebanyak 30 peserta didik atau setengah dari populasi yang diambil dengan jumlah 60 peserta didik pada dua kelas IPS yaitu Kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik pengambilan data berupa dokumentasi, test hasil belajar dengan desain pretest dan postest, dan kueisioner. Teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan uji regresi linear sederhana. Hasil pada penelitian didapatkan nilai posttest kelas eksperimen dengan hasil belajar rata-rata 72 dibanding dengan kelas kontrol yang medapatkan hasil rata- rata 66. Perbedaan ini didasari oleh penggunaan dua model pembelajaran yang berbeda yakni model STAD (Student Team Achievment Division) dan TGT (Team Game Tournament). Hasil N-gaint peserta didik kelas eksperiment mendapatkan persentase 56%(Cukup Efektif) sedangkan kelas kontrol mendapatkan persentase 51%( Kurang Efektif). Didalam penelitian peneliti juga mengambil kueisioner mengenai proses pembelajaran dengan model STAD yang hasilnya model pembelajaran ini memberikan kontribusi sebesar 40,5% terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, UUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:39
Last Modified: 02 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47886

Actions (login required)

View Item View Item