Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus: Siswa Siswi SMA N 1 Batang Onang Kelas X IPS)

Pohan, Saima Sonang (2023) Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus: Siswa Siswi SMA N 1 Batang Onang Kelas X IPS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SAIMA_SONANG_POHAN_18058051_1773_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil nilai siswa yang mengalami penurunan saat pandemic covid 19, sedangkan di sekolah masih tetap menyelenggarakan proses belajar mengajar, bagaimana partisipasi siswa dalam masa pembelajaran pasca daring yang terjadi. Bagaimana mengembangkan kemampuan peserta didik pasca pembelajaran daring agar kembali bersemangat dalam meningkatkan partisipasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan kualitatif tipe studi kasus.Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, yang didasarkan pada kriteria peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru mata pelajaran sosiologi, 18 siswa, kemudian mengamati kegiatan disekolah seperti di ruangan kelas saat berlangsung pelajaran, di luar kelas dan di lingkungan sekolah dan data terakhir berupa dokumentasi berupa foto, pelajaran dokumen rencana dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian tentang partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi (studi kasus: siswa siswi kelas X SMA N 1 Batang Onang adalah teori behavioristik oleh Throndike. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring sudah lebih baik dalam pembelajaran tatap muka berlangsung di SMA N 1 Batang Onang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:37
Last Modified: 02 Nov 2023 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47878

Actions (login required)

View Item View Item