Pohan, Saima Sonang
(2023)
Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran
Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus:
Siswa Siswi SMA N 1 Batang Onang Kelas X
IPS).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil nilai siswa yang mengalami
penurunan saat pandemic covid 19, sedangkan di sekolah masih tetap
menyelenggarakan proses belajar mengajar, bagaimana partisipasi siswa dalam
masa pembelajaran pasca daring yang terjadi. Bagaimana mengembangkan
kemampuan peserta didik pasca pembelajaran daring agar kembali bersemangat
dalam meningkatkan partisipasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan
kualitatif tipe studi kasus.Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling,
yang didasarkan pada kriteria peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru mata pelajaran sosiologi, 18
siswa, kemudian mengamati kegiatan disekolah seperti di ruangan kelas saat
berlangsung pelajaran, di luar kelas dan di lingkungan sekolah dan data terakhir
berupa dokumentasi berupa foto, pelajaran dokumen rencana dan sebagainya.
Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yaitu
reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Teori
yang digunakan dalam penelitian tentang partisipasi hasil belajar siswa pasca
pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi (studi kasus: siswa siswi kelas X
SMA N 1 Batang Onang adalah teori behavioristik oleh Throndike. Hasil
penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa partisipasi hasil belajar
siswa pasca pembelajaran daring sudah lebih baik dalam pembelajaran tatap muka
berlangsung di SMA N 1 Batang Onang.
Actions (login required)
|
View Item |