Hubungan Pekerjaan Orangtua terhadap Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Agus, Diga Riyo (2023) Hubungan Pekerjaan Orangtua terhadap Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_DIGA_RIYO_AGUS_19022009_7528_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Orangtua dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda tentunya memiliki kesibukan yang berbeda sehingga memiliki cara yang berbeda juga dalam membentuk karakter kemandirian anak. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pekerjaan orangtua terhadap karakter kemandirian anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif survei. Untuk memperoleh informasi dari responden adalah bentuk angket yang kemudian diolah secara deskriptif dengan bentuk persentase. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah anak yang orangtuanya bekerja sebagai petani polisi,tentara,karywan swasta,pedagang, perawat, bidan, dan guru sebanyak 67 responden di TK Negeri Pembina Painan Kabupaten Pesisir Selatan Berdasarkan hasil analisis data tentang hubungan pekerjaan orangtua terhadap karakter kemandirian anak ada memiliki rata-rata cukup mandiri dan kurang mandiri sebagai berikut petani sebanyak 83,74% (Sangat Mandiri), Polisi/Tentara sebanyak 48,4% (Cukup Mandiri), Karyawan Swasta sebanyak 66,24% (Sangat Mandiri), Pedagang sebanyak 63,5% (Sangat Mandiri), Perawat/Bidan sebanyak 49,2% (Cukup Mandiri) dan Guru sebanyak 38,7% (Kurang Mandiri). Hal ini berarti bahwa pekerjaan orangtua sangat berhubugan terhadap karakter kemandirian anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulsyofriend, YulsyofriendUNSPECIFIED
Correctormayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEKERJAAN ORANGTUA, KARAKTER KEMANDIRIAN, ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:36
Last Modified: 02 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47877

Actions (login required)

View Item View Item