Startegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran bagi Peserta Didik di SMKN 1 Batangtoru

Rhamadan, Rizky (2023) Startegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran bagi Peserta Didik di SMKN 1 Batangtoru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Rizky_Rhamadan_18329212_2476_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMK Negeri 1 Batangtoru 2) strategi guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Batangtoru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik 3) faktor pendukung dan penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMK Negeri 1 Batangtoru 4) Hasil dari strategi membaca al-Quran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Batangtoru. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Batangtoru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi tenik, pengecekan data kembali dengan Teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMKN 1 Batangtoru memiliki tingkat kemampuan yang berbedabeda setiap individunya. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMKN 1 Batangtoru seperti pembiasaan membaca al-Quran sebelum pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimulai, mengelompokkan peserta didik, dan penerapan baca simak al-Quran. Metode pembelajaran al-Quran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam, seperti metode iqro, amma, sas, qiroati, dan metode tahsin. Sementara faktor pendukung strategi guru meliputi peran kepala sekolah, peran orang tua, adanya ekstrakulikuler tilawah, dan tingkat motivasi peserta didik yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran al-Quran dan faktor penghambat strategi guru meliputi kurangnya buku pembelajaran al-Quran, minimnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kurangnya fasilitas media pembelajaran. Hasil yang didaptkan peserta didik seteleh menerima pembelajaran al-Quran yaitu mengalami peningkatan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIkhlas, AlUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:02
Last Modified: 02 Nov 2023 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47873

Actions (login required)

View Item View Item