Rhamadan, Rizky
(2023)
Startegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran bagi Peserta Didik di SMKN 1
Batangtoru.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) kemampuan membaca al-Quran
peserta didik di SMK Negeri 1 Batangtoru 2) strategi guru Pendidikan Agama Islam
di SMK Negeri 1 Batangtoru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran
peserta didik 3) faktor pendukung dan penghambat bagi guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMK
Negeri 1 Batangtoru 4) Hasil dari strategi membaca al-Quran yang diterapkan oleh
guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Batangtoru.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Batangtoru.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan
wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi tenik, pengecekan data kembali dengan Teknik
yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Quran
peserta didik di SMKN 1 Batangtoru memiliki tingkat kemampuan yang berbedabeda
setiap individunya. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik di SMKN 1
Batangtoru seperti pembiasaan membaca al-Quran sebelum pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dimulai, mengelompokkan peserta didik, dan penerapan
baca simak al-Quran. Metode pembelajaran al-Quran yang digunakan guru
Pendidikan Agama Islam, seperti metode iqro, amma, sas, qiroati, dan metode
tahsin. Sementara faktor pendukung strategi guru meliputi peran kepala sekolah,
peran orang tua, adanya ekstrakulikuler tilawah, dan tingkat motivasi peserta didik
yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran al-Quran dan faktor penghambat strategi
guru meliputi kurangnya buku pembelajaran al-Quran, minimnya waktu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kurangnya fasilitas media
pembelajaran. Hasil yang didaptkan peserta didik seteleh menerima pembelajaran
al-Quran yaitu mengalami peningkatan secara bertahap.
Actions (login required)
|
View Item |