Afifah, Luthfiyyah
(2023)
Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Saat pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas guru menjadi objek
utama yang selalu dilihat siswa. Setiap siswa memiliki persepsi yang berbeda-beda sesuai dengan pengalamannya. Siswa yang belajar dengan baik dapat
memperoleh hasil yang baik dan merasa senang dalam belajar. Guru yang
disenangi oleh siswa jauh lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran,
karena siswa mempunyai persepsi yang baik pada gurunya, begitu juga
sebaliknya. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini
adalah “Bagaimana persepsi siswa terhadap komptensi pedagogik guru di SMP
Negeri 3 Pariaman?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi
siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan teknologi pembelajaran, memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang
berjumlah 221 orang. Penarikkan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling menggunakan rumus Slovin, sampel terpilih sebanyak 69 orang. Alat
pengumpulan data berupa angket dengan model Skala Likert. Langkah
pengolahan data pada penelitian ini dengan verifikasi data, pemberian skor,
klasifikasi dan tabulasi, menghitung rata-rata skor, kemudian mendeskripsikan
hasil data yang telah diolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi
pedagogik guru, dilihat dari aspek: (1) menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik berada pada kategori baik dengan persentase 77,83%, (2) pemanfaatan
teknologi pembelajaran berada pada kategori cukup dengan persentase 59,6%, (3)
memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimiliki berada pada kategori baik dengan persentase
74,80%, (4) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 77,65%. Secara keseluruhan
disimpulkan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ada pada
kategori baik dengan persentase 74,75%
Actions (login required)
|
View Item |