Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Pariaman

Afifah, Luthfiyyah (2023) Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_LUTHFIYYAH_AFIFAH_18004023_1459_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas guru menjadi objek utama yang selalu dilihat siswa. Setiap siswa memiliki persepsi yang berbeda-beda sesuai dengan pengalamannya. Siswa yang belajar dengan baik dapat memperoleh hasil yang baik dan merasa senang dalam belajar. Guru yang disenangi oleh siswa jauh lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran, karena siswa mempunyai persepsi yang baik pada gurunya, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana persepsi siswa terhadap komptensi pedagogik guru di SMP Negeri 3 Pariaman?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan teknologi pembelajaran, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang berjumlah 221 orang. Penarikkan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin, sampel terpilih sebanyak 69 orang. Alat pengumpulan data berupa angket dengan model Skala Likert. Langkah pengolahan data pada penelitian ini dengan verifikasi data, pemberian skor, klasifikasi dan tabulasi, menghitung rata-rata skor, kemudian mendeskripsikan hasil data yang telah diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru, dilihat dari aspek: (1) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik berada pada kategori baik dengan persentase 77,83%, (2) pemanfaatan teknologi pembelajaran berada pada kategori cukup dengan persentase 59,6%, (3) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki berada pada kategori baik dengan persentase 74,80%, (4) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 77,65%. Secara keseluruhan disimpulkan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ada pada kategori baik dengan persentase 74,75%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:44
Last Modified: 02 Nov 2023 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47871

Actions (login required)

View Item View Item