Pengaruh Video Animasi terhadap Perkembangan Kognitif dalam Mengenalkan Binatang Ternak pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 2 Padang

Nurfitri, Bahta Meiza (2023) Pengaruh Video Animasi terhadap Perkembangan Kognitif dalam Mengenalkan Binatang Ternak pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_06_BAHTA_MEIZA_NURFITRI_19022069_7545_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya perkembangan kognitif anak dalam mengenal binatang ternak. Usia dini adalah waktu untuk mulai belajar mengetahui binatang ternak. Tetapi, sekolah tidak memiliki media yang cukup menarik untuk mengajarkan mengenal binatang ternak kepada anak. Sehingga anak mudah bosan dalam belajar mengenal binatang ternak. Oleh karena itu, video animasi di gunakan untuk membatu agar pengenalan binatang ternak pada anak lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Video Animasi terhadap Perkembangan Kognitif dalam Mengenalkan Binatang Ternak Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh anak Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Padang dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling, yaitu kelas B3 dan B6 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes lisan dan tes perbuatan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian diolah dengan uji perbedaan (t-tes) dengan bantuan komputerisasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi terhadap perkembangan kognitif dalam mengenalkan binatang ternak pada anak dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan media kartu bergambar di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 2 Padang. Dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05. Kelas kontrol dengan nilai 14,5 sedangkan kelas eksperimen 17,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi efektif dalam mengenalkan binatang ternak pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO ANIMASI, PERKEMBANGAN KOGNITIF, ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:52
Last Modified: 01 Nov 2023 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47858

Actions (login required)

View Item View Item