Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Berbantuan Media di Kelas V di SDN 30 Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Putri, Atika Mairiska (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Berbantuan Media di Kelas V di SDN 30 Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ATIKA_MAIRISKA_PUTRI_19129008_7409_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu disebabkan oleh guru belum maksimal menggunakan model yang bervariasi kondisi tersebut berpengaruh pada peserta didik, peserta didik kurang partisipasinya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe course review horray untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 30 Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 30 Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 30 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian RPP siklus I adalah 77,77% dengan kualifikasi cukup , siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kualifikasi baik, (2) Penilaian aspek guru siklus I adalah 81,24% dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Penilaian aspek peserta didik siklus I adalah 81,24% dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 70,15 dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 86,85 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe course review horray dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 30 Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COURSE REVIEW HORRAY, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:52
Last Modified: 01 Nov 2023 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47856

Actions (login required)

View Item View Item