Pengaruh Penerapan media video tutorial terhadap Kemampuan Menulis Naskah Film Pendek pada Siswa Kelas XII Jurusan Broadcasting di SMK Negeri 7 Padang

Liswar, Feby (2023) Pengaruh Penerapan media video tutorial terhadap Kemampuan Menulis Naskah Film Pendek pada Siswa Kelas XII Jurusan Broadcasting di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FEBY_LISWAR_17004054_1626_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh penerapan media video tutorial terhadap kemampuan menulis naskah film pada siswa Jurusan Broadcasting kelas XII SMKN 7 Padang. (2) Perbandingan kemampuan menulis naskah film siswa Jurusan Broadcasting kelas XII SMKN 7 Padang yang diajar dengan media video tutorial dengan yang tidak menggunakan film pendek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas XII Bc 1 yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII Bc 2 yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui uji kompetensi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif penggunaan media video tutorial terhadap kemampuan menulis naskah film pendek siswa kelas XII SMK Negeri 7 Padang Jurusan Broadcasting. Hal tersebut terbukti dengan nilai rata-rata post ujikom kelompok eksperimen dalam menulis naskah film pendek lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pada saat pre ujikom atau sebelum mendapat perlakuan media video tutorial. Kemampuan siswa dalam menulis naskah film pendek yang diajar dengan media video tutorial lebih baik daripada kemampuan siswa dalam menulis naskah film pendek yang tidak diajar dengan video tutorial. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan media video tutorial yakni sebesar 87.6. Nilai rata-rata tersebut lebih baik daripada nilai rata-rata siswa yang tidak diajar dengan video tutorial yakni sebesar 79.6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:40
Last Modified: 01 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47851

Actions (login required)

View Item View Item