Persepsi Guru Pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Universitas Negeri Padang di SMA Kabupaten Pasaman Barat

Rahmi, Annisa Aulia (2023) Persepsi Guru Pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Universitas Negeri Padang di SMA Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Annisa_Aulia_Rahmi_18004008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tingkat kemampuan guru sejak semula disiapkan pada suatu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu LPTK, untuk memperoleh lulusan yang profesional dalam bidang keguruan menyiapkan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dengan bobot 4 SKS wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang mengambil jalur kependidikan. Pelaksanaan praktek pengalaman lapangan yang dilaksanakan di sekolah mahasiswa PPL diharapkan dapat mengimplementasikan 5 bidang pengajaran dalam teknologi pendidikan yang merujuk pada definisi AECT 1994 yaitu Perencanaan, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Universitas Negeri Padang di SMA Pasaman Barat berdasarkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogi, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pamong PPL pendidikan dari 4 sekolah di Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 21 orang guru pamong. Uji validitas instrumen menggunakan Logical Validity, yaitu dengan cara mengkonsultasikan kepada dosen pembimbing dan berdasarkan konsultasi tersebut maka dilakukan perbaikan dan diperoleh 50 butir penyataan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogi menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 82,70%, di kategorikan sang at baik. (2) persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 78,92%, di kategorikan baik. (3) persepsi guru pamong terhadap kompetensi sosial menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 90,94%, di kategorikan sangat baik. (4) persepsi guru pamong terhadap kompetensi kepribadian menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 86,55%, di kategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:40
Last Modified: 01 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47850

Actions (login required)

View Item View Item