Rahmi, Annisa Aulia
(2023)
Persepsi Guru Pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Universitas Negeri Padang di SMA Kabupaten Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tingkat kemampuan guru sejak semula disiapkan pada suatu Lembaga
Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Universitas Negeri Padang (UNP)
sebagai salah satu LPTK, untuk memperoleh lulusan yang profesional dalam
bidang keguruan menyiapkan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
dengan bobot 4 SKS wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang mengambil jalur
kependidikan. Pelaksanaan praktek pengalaman lapangan yang dilaksanakan di
sekolah mahasiswa PPL diharapkan dapat mengimplementasikan 5 bidang
pengajaran dalam teknologi pendidikan yang merujuk pada definisi AECT 1994
yaitu Perencanaan, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong Tentang
Penguasaan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Universitas Negeri Padang di
SMA Pasaman Barat berdasarkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi
pedagogi, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pamong PPL pendidikan dari
4 sekolah di Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 21 orang guru pamong. Uji
validitas instrumen menggunakan Logical Validity, yaitu dengan cara
mengkonsultasikan kepada dosen pembimbing dan berdasarkan konsultasi
tersebut maka dilakukan perbaikan dan diperoleh 50 butir penyataan. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) persepsi guru pamong terhadap
kompetensi pedagogi menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 82,70%, di
kategorikan sang at baik. (2) persepsi guru pamong terhadap kompetensi
profesional menunjukan bahwa rata-rata persentase adalah 78,92%, di kategorikan
baik. (3) persepsi guru pamong terhadap kompetensi sosial menunjukan bahwa
rata-rata persentase adalah 90,94%, di kategorikan sangat baik. (4) persepsi guru
pamong terhadap kompetensi kepribadian menunjukan bahwa rata-rata persentase
adalah 86,55%, di kategorikan sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |