Peningkatan Kemampuan Melukis Dalam Pembelajaran SBdP Melalui Metode Drill and practice Bagi Siswa Tunarungu (Classroom Action Research Kelas VII di SLB Bundo Kanduang Padang).

Delzaen, Wike Nadillah (2023) Peningkatan Kemampuan Melukis Dalam Pembelajaran SBdP Melalui Metode Drill and practice Bagi Siswa Tunarungu (Classroom Action Research Kelas VII di SLB Bundo Kanduang Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Wike_Nadillah_Delzaen_19003168_2764_2023.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh guru yang bertugas mengajar materi mengenai kemampuan melukis pada pembelajaran SBdP yang hasil awalnya belum maksimal. Sehingga dilakukan lagi proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan melukis pada pembelajaran SBdP melalui metode drill and practice bagi siswa tunarungu kelas VII di SLB Bundo Kanduang Padang Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang tujuannya untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdapat empat kali pertemuan. Setiap pertemuan memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan tes kemampuan yang dianalisis secara kualitatif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan dua orang siswa dengan Kh berjenis kelamin perempuan dan R berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I dengan empat kali pertemuan maka diperoleh hasil rata-rata nilai akhir siswa 78. Meskipun nilai tersebut sudah berada di atas nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75, namun kesalahan-kesalahan mendasar masih dilakukan oleh siswa. Setelah siklus I itu dilakukan maka dilanjutkan dengan siklus II guna memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Pada siklus II ini kemampuan anak mengalami peningkatan dan mendapatkan nilai rata-rata akhir 91, nilai ini terbilang memuaskan dan kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswa sudah tidak terulang lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartias Z, Martias ZUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:48
Last Modified: 01 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47825

Actions (login required)

View Item View Item