Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Melalui Permainan Treasure Hunt untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Wacana Asih

Afriani, Refika (2023) Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Melalui Permainan Treasure Hunt untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Wacana Asih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_REFIKA_AFRIANI_19003092_4205_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang keefektivitas penggunaan kartu kata melalui permainan treasure hunt dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa tungarahita. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan observasi dan mengidentifikasi siswa N yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Siswa yang menjadi patner dalam penelitian ini hanya dapat membaca 1 dari 10 kata yang diberikan. Permasalahan seperti daya ingat yang kurang bagus, tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, tidak menggunakan metode yang efektif serta hal lainnya adalah permasalahan yang dihadapi oleh anak. Penerapan penggunaan kartu kata melalui permainan treasure hunt ini dapat membantu meningkatkan daya ingat siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research dengan desain A-B-A. Dalam pengunaan metode single subject research (SSR), A1 adalah keadaan dasar siswa sebelum intervensi, B adalah intervensi, dan A2 adalah keadaan setelah intervensi tidak ada lagi. Kondisi baseline kedua (A2) ini berperan sebagai kontrol terhadap kondisi intervensi untuk meningkatkan kepastian bahwa variabel bebas dan variabel terikat memiliki hubungan yang berfungsi. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita kels IV di SLB. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah durasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase untuk melihat tingkat peningkatan konsentrasi pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan subjek setelah diberi intervensi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dimana ubjek memiliki rata-rata tingkat kondisi A1 yaitu 15, rata-rata tingkat kondisi B adalah 86,66, rata-rata tingkat kondisi A2 adalah 86,66. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa Penggunaan Kartu kata melalui Permainan treasure hunt dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa tunagrahita di SLB Wacana Asih kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:47
Last Modified: 01 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item