Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Aromaterapi Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas SLB Al-Hidayah Padang)

Annisa, Annisa (2023) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Aromaterapi Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas SLB Al-Hidayah Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ANNISA_19003119_7753_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas X tunagrahita ringan di SLB Al-Hidayah Padang dalam keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi, yang disebabkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan wawancara, guru pernah melaksanakan pembuatan lilin aromaterapi dengan menggunakan metode kooperatif, namun anak sering terlihat bosan dan malas, hasil yang didapatkan juga tidak bagus. Sehingga penulis mengamati anak membuat lilin aromaterapi untuk melihat kondisi awal anak. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan proses meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi bagi anak tunagrahita ringan kelas X dan membuktikan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aromterapi bagi anak tunagrahira ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas dengan subjek dau orang anak tunagrahita dan satu orang guru kelas. Penelitian ini melibatkan guru kelas sebagai pengamat. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, tes perbuatan dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil kemampuan anak pada akhir pertemuan siklus I yaitu J 71,79% dan A 65%. Kemampuan yang dimiliki anak belum optimal, karena hasil kerja belum semuanya bisa dikuasai anak. Penulis dan kolaborator melanjutkan tindakan siklus II agar mendapat nilai yang optimal. Pada siklus II ini juga dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil pengukuran kemampuan J 93,58% dan A 89,74%. Berdasarkan hasil siklus I dan II ini, anak sudah mandiri dan mencapai hasil yang optimal dalam keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi melalui metode Project Based Learning (PjBL). Jadi dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dalam pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMahdi, AriusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LILIN AROMATERAPI, PROJECT BASED LEARNING, ANAK TUNAGRAHITA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:45
Last Modified: 01 Nov 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47811

Actions (login required)

View Item View Item