Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Artculate Storyline 3 dengan Model Discovery Learning pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV SDN 56 Anak Air

Rahayu, Anita (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Artculate Storyline 3 dengan Model Discovery Learning pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV SDN 56 Anak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANITA_RAHAYU_18129050_7380_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi mengakibatkan adanya tuntutan pembaharuan dalam media pembelajaran. Media merupakan penunjang salah satu tercapainya proses pembelajaran, karena media pembelajaran akan membangkitkan dan meningkatkan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Tentunya pendidik maupun peserta didik, menginginkan adanya inovasi baru dalam media pembelajaran, yang mana media tersebut mencakup dalam jenis – jenis media yang ada, yaitu adanya visual, audio, dan audio visual. Penyampaian media berbasis teknologi ini menggunakan perangkat keras, yaitu dapat dari komputer, laptop, dan juga dapat dari smartphone. Media berbasis teknologi tersebut adalah multimedia interaktif, sesuai dengan namanya, peserta didik akan dapat melihat teks, gambar, suara, video, animasi, dan kuis yang akan meningkat semangat peserta didik dalam belajar. Multimedia interaktif ini dibuat melalui software Articulate Storyline 3 pada muatan pembelajaran matematika di kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan R&D dengam model ADDIE, memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data diperoleh berdasarkan angket validasi materi, bahasa, dan media serta angket praktikalitas dari respons guru dan peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 20 orang di kelas IVC SDN 56 Anak Air. Hasil uji validitas materi pada pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 ini memperoleh persentase sebesar 90,66% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas kebahasaan sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas media sebesar 94,7% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 92,86% dari respons guru, dengan kategori sangat praktis dan persentase sebesar 94.64% dari respons peserta didik, dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas multimedia inetraktif menunjukkan hasil yang efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik dan ketuntasan sebanyak 80%. Demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada muatan pembelajaran matematika pada materi pengukuran sudut di kelas IV telah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, ARTICULATE STORYLINE 3, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:44
Last Modified: 01 Nov 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47803

Actions (login required)

View Item View Item