Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Dikelas V Sekolah Dasar

Salsabiila, Anisa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Dikelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANISA_SALSABIILA_19129194_6960_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar di Kota Padang Baik negeri maupun swasta telah memiliki sarana dan prasarana yang menunjang namun dari observasi yang telah penulis lakukan pemanfaatan prasarana teknologi yang tersedia belum maksimal.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis GeoGebra di kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif Abstrak berbahasa Indonesia, Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian pengembangan Research and Development. Model pengembangan yang peneliti gunakan yaitu model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu ; analisis data validitas, analisis data praktikalitas dan analisis data efektivitas. Instrumen validasi media pembelajaran yaitu berupa validasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi terkait media yang dihasilkan. Instrumen praktikalitas media berupa angket respon guru dan angket respon siswa terkait media yang dikembangkan. Instrumen efektivitas berupa soal evaluasi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui apakah media yang digunakan efektif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, media pembelajaran berbasis GeoGebra yang dikembangkan dengan model ADDIE ini valid, praktis dan efektif digunakan di sekolah dasar dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, GEOGEBRA, VOLUME BANGUN RUANG, AKAR PANGKAT TIGA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:44
Last Modified: 01 Nov 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47801

Actions (login required)

View Item View Item