Pengembangan Video Interaktif Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia

Siregar, Aisyah Oktavia (2023) Pengembangan Video Interaktif Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_AISYAH_OKTAVIA_SIREGAR_20330001_7365_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan tentang permasalahan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, yaitu dari perkembangan kemampuan bahasa yang dimiliki oleh beberapa anak masih belum berkembang optimal, faktanya di lapangan masih terdapat beberapa anak yang kurang menyimak pembelajaran, belum mengetahui beberapa macam huruf dan belum mampu menyampaikan pendapatnya, serta anak belum bisa menulis namanya sendiri di karenakan media pembelajaran yang dipakai kurang menarik perhatian anak dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak di taman kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Video interaktif sains untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, Gall dengan 9 langkah penelitian yaitu; 1) asses need to identify goal, 2) conduct instructional analysis, 3) analyze learners and context, 4) write performance objective, 5) develop assessment instruments, 6) develop instructional strategy, 7) develop and select instructional material, 8) design and conduct formative evaluation of instruction, dan 9) revise instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan validitas Aiken’s V. Hasil validasi media video interaktif sains dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi sebesar 90,90% dan ahli media sebesar 94,54%. Hasil efektivitas dengan hasil uji pre-test yaitu 51,56% hasil uji post-test yaitu 82,77% dengan menggunakan uji t-test dikatakan bahwa hasil uji post-test lebih baik dari pada uji pre-test sehingga dapat disimpulkan bahwa media video interaktif sains untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dinyatakan valid dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO INTERAKTIF SAINS, KEMAMPUAN BAHASA, ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:05
Last Modified: 31 Oct 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47782

Actions (login required)

View Item View Item