Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Square Berbantuan LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang

Nabiilah, Aisyah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Square Berbantuan LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AISYAH_NABIILAH_19029069_5629_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan komunikasi matematis. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan tidak dapat mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam menyampaikan ide atau gagasan matematisnya. Sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square berbantuan LKPD berbasis discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square berbantuan LKPD berbasis discovery learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 25 Padang dan mendeksripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif Think Pair Square berbantuan LKPD berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini Quasi Experiment yang menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ininadalah peserta didik kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis memiliki nilai P-value 0,017 yang artinya tolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:04
Last Modified: 02 Nov 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47769

Actions (login required)

View Item View Item