Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan.

Lesmana, Indra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan. Skripsi thesis, Teknik Mesin.

[img]
Preview
Text
B1_7_INDRA_LESMANA_18067058_4772_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama pendidikan adalah pengembangan potensi seseorang untuk menumbuhkan cara berpikir yang intelektual, emosional, sosial, kreatif, dan kritis. Penting untuk diingat bahwa konsep dan tujuan pendidikan dapat bervariasi lintas budaya dan konteks, dan sikap tentang pendidikan juga dapat berubah seiring waktu seiring perkembangan sosial, teknologi, dan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk proses penyelesaian masalah yang muncul di kelas sebagai sarana dalam meningkatkan kreativitas dan cara berpikir kritis siswa di SMK Karya Padang Panjang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berfokus memperbaiki pembelajaran di kelas secara praktis yang diupayakan oleh seorang guru dengan membangun kegiatan yang mampu memperbaiki dan meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 aspek yaitu: variabel sasaran adalah kreativitas siswa, dan variabel tindakan adalah model pembelajaran Project Based Learning dengan subjek penelitian siswa SMK Karya Padang Panjang Jurusan Teknik Pemesinan kelas XI tahun 2022/2023 berjumlah 9 orang siswa. Hasil analisis data penilaian kreativitas hasil produk siswa persentase 75% pada kategori kreativitas baik dan 25% pada tingkat kreativitas sangat baik. Hasil rata-rata pencapaian kemampuan kreativitas siswa memiliki jumlah persentase 75% pada kategori kreativitas baik dan 25% pada tingkat kreativitas sangat baik Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini penggunaan Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas siswa dibuktikan dari hasil uji hipotesis yaitu dengan pengujian dengan metode Gain Score dimana terdapat hasil Ngain 0.43 dan menunjukan peningkatan kreativitas sedang dibandingkan dengan nilai siswa sebelum diterapkannya metode PJBL dimana terdapat peningkatatan dengan nilai sebelum diterapkan model nilai rata-rata dari siswa yaitu 71.5 saja sedangkan setelah diterapkannya metode Project Based Learning Nilai produk siswa meningkat menjadi 83.5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNahawi, Rahmat AzisUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING, PRODUK KREATIF KEJURUAN, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:22
Last Modified: 27 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47742

Actions (login required)

View Item View Item