“Pembuatan Pop-Up Book Tata Surya sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD Negeri 27 Sago

Aurendinata, Lusi (2023) “Pembuatan Pop-Up Book Tata Surya sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD Negeri 27 Sago. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_LUSI_AURENDINATA_20026058_5805_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pembuatan makalah tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan pop-up book tata surya sebagai media pembelajaran untuk siswa SD Negeri 27 sago dan untuk mendeskripsikan hasil uji coba produk pop-up book tata surya sebagai media pembelajaran untuk siswa SD Negeri 27 Sago. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan makalah tugas akhir ini yaitu menggunakan medote deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan melakukan observasi dan wawancara ke SD Negeri 27 Sago, serta studi kepustakaan seperti jurnal, buku dan data hasil penelitian yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil yang diperoleh saat melakukan observasi dan wawancara yaitu masih kurangnya optimalisasi dalam pengembangan materi dan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, terutama pada materi sistem tata surya. Berdasarkan dari pembahasan makalah, dapat disimpulkan. Pertama, pembuatan pop-up book tata surya sebagai media pembelajaran untuk siswa SD Negeri 27 Sago dapat dilakukan melalui tiga tahap diantaranya, yaitu: (1) ide penciptaan, yaitu menentuan ide yang akan divisualisasikan pada pop-up book berdasarkan ketertarikan penulis; (2) proses desain, yaitu menentukan dan merancang desain semenarik mungkin yang akan diterapkan dalam pembuatan pop-up book, mulai dari mengunduh unsur gambar pop-up, pengeditan, mencetak desain, hingga perakitan dan penjilidan; (3) hasil pembuatan, yaitu hasil akhir dari proses perakitan serta produk siap untuk digunakan atau dipublikasikan kepada pengguna. Kedua, uji coba produk pop-up book tata surya sebagai media pembelajaran yang telah dilakukan kepada 15 orang responden yang terdiri dari 12 orang siswa dan 3 orang guru kelas pada kelas enam di SD Negeri 27 Sago, memperoleh hasil 98% yang menjawab “Ya” dan 2% yang menjawab “Tidak”. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pop-up book tata surya “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa SD Negeri 27 Sago

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:09
Last Modified: 26 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47726

Actions (login required)

View Item View Item