Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih

Sari, Aprila (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WELLA_APRILA_SARI_19016064_7215_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunakan model project based learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketiga, menjelaskan pengaruh model project based learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 105 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunaan model project based learning berbantuan media audiovisual dan skor hasil tes keterampilan menulis teks ulasan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks ulasan. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisi data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunakan model project based learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,09. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,19. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (8,87>1,67) dengan demikian, hasil belajar keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih menggunakan model project based learning berbantuan media audiovisual lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING, MEDIA AUDIOVISUAL, KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:45
Last Modified: 26 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47723

Actions (login required)

View Item View Item