Pengaruh Model Project Based Learning pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Putra, Ericka (2023) Pengaruh Model Project Based Learning pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_ERICKA_PUTRA_17067104_2776_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil pengamatan yang dilaksanakan di SMK N 1 Sumatera Barat tanggal 14 September 2021 diketahui pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut, didapat banyak siswa memperoleh nilai dibawah KKM yang dilihat dari nilai ujian semeseter salah satu penyebab dari hasil belajar tersebut yaitu Pembelajaran yang dilaksanakan pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut masih konvensional. Pembelajaran konvensional membuat tingkat semangat dan keaktifan siswa kurang karena pembelajaran ini hanya membuat siswa mendengarkan atau melihat informasi materi pelajaran dari guru seorang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh hasil belajar Mata Pelajaran Teknik Bubut dengan menerapkan pembelajaran Project based Learning di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini yaitu jenis quasy exsperiment dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain kelompok eksperimen dan kontrol tanpa pretest dengan nama Posttest-only-design. Hasil analisis independent sample t test diketahui sig 0,019 atinya 0,019 < 0,05. Dari hasi analisis ini dapat diketahui pada penelitian ini terdapat pengaruh dari pembelajaran project based learning atas hasil belajar kelas X1 SMK N 1 Sumatera Barat mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran project based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 1 Sumatera Barat dan juga terdapat peningkatan nilai siswa dari pembelajaran konvensional dengan project based learning dimana nilai pembelajaran konvensioanal sebesar 76 serta nilai project based learning sebesar 80,40.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal A, Yufrizal AUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMESINAN BUBUT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:44
Last Modified: 26 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47720

Actions (login required)

View Item View Item