Pengembangan Modul Pembelajaran Hygiene dan Sanitasi berbasis Model Problem Based Learning.

Ariani, Nova Nelsya (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Hygiene dan Sanitasi berbasis Model Problem Based Learning. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_05_NOVA_NELSYA_ARIANI_20138039_5611_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah media pembelajaran yang masih kurang dikembangkan dan divariasikan sehingga minat dan motivasi siswa kurang dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada pelajaran Hygiene dan Sanitasi untuk siswa kelas X jurusan Tata Kecantikan di SMK Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D. Prosedur pengembangan 4D terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data yang digunakan dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu berupa modul pembelajaran berbasis model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid pada aspek media 95%, aspek materi 86%. Media yang dikembangkan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru sebesar 93,5% dan respon siswa 91,17%. Serta aspek keefektifan dihasilkan dari nilai pretest dan posttest dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 100% dan nilai Gain Score pada aspek kognitif sebesar 0,68 dengan kategori sedang, Kesimpulannya modul Pembelajaran Hygiene dan Sanitasi berbasis Model Problem Based Learning (PBL) dikembangkan dapat digunakan dengan layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN HYGIENE, SANITASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:02
Last Modified: 25 Oct 2023 05:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47705

Actions (login required)

View Item View Item