Pengembangan E-Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC di Kelas V SD

Dewi, Wila Satriani (2023) Pengembangan E-Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_WILA_SATRIANI_DEWI_18129331_62_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar, serta kurang bervariasinya bahan ajar yang tersedia di sekolah, bahan ajar yang terdapat di sekolah masih berupa bahan ajar cetak, tampilannya kurang menarik sehingga peserta didik menjadi jenuh saat belajar, sehingga motivasi peserta didik dalam belajar menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Book pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker berbasis RADEC di kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yang meliputi: Analysis, design, development, implementation, and evaluation. E-Book yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di UPT SDN 26 Painan Selatan dan subjek penelitian di UPT SDN 08 Painan Selatan. Hasil dari pengembangan E-Book pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker berbasis RADEC di kelas V SD yang divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 94,5%. Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik pada sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan E-Book pada pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,4% dan 93%. Sedangkan persentase respon guru dan respon peserta didik pada sekolah penelitian terhadap E-Book pada pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,4% dan 94,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Book pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker berbasis RAD EC di kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:55
Last Modified: 25 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47688

Actions (login required)

View Item View Item