Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Pada Materi Pancasila dan Nilai Kehidupan di Kelas IV Sekolah Dasar

Efendi, Ulfah Putri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Pada Materi Pancasila dan Nilai Kehidupan di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ULFA_PUTRI_EFENDI_19129072_3348_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, media pembelajaran yang digunakan juga semakin canggih dan bervariasi. Media pembelajaran kini tidak hanya sebatas visual gambar dan benda nyata, tetapi juga media pembelajaran yang mampu menampilkan video, audio, gambar, dan materi yang bisa digunakan di smartphone dan laptop. Salah satu inovasi dalam media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Smart Apps Creator. Smart Apps Creator adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik yang dilengkapi dengan materi, gambar, video, musik, serta animasi yang dapat menstimulasi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis ), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media serta angket praktikalitas dari respons guru dan respons peserta didik. Sekolah uji coba pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 04 Enam Lingkung dengan 28 orang peserta didik. Sedangkan, sekolah penelitian adalah kelas IV SDN 02 Enam Lingkung dengan 31 orang peserta didik. Hasil uji validitas media pada media pembelajaran Smart Apps Creator ini memperoleh persentase sebesar 96,66% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas materi sebesar 90,76% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas media sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas di sekolah uji coba memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat praktis untuk angket respons guru dan 94,46% untuk angket respons peserta didik dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas di sekolah penelitian mendapat hasil 96,42% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon guru dan 95,46% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon peseta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Apps Creator pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di kelas IV SD terpadu telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:54
Last Modified: 25 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47682

Actions (login required)

View Item View Item