Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Gugus IV Kabupaten Agam

Annisa, Tiara (2023) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Gugus IV Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TIARA_ANNISA_18129210_1562_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar, merasa jenuh dan saat proses pembelajaran peserta didik masih belum percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Gugus IV Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Exsperiment bentuk Nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling yang mana populasi terdiri dari beberapa SD dalam satu gugus yaitu pada gugus IV Kabupaten Agam, sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV SDN 13 Sungai Sariak dan kelas IV SDN 22 Koto Gadang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil rata-rata pretest kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe think pair share adalah 70 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen adalah 87,5. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki hasil rata-rata pretest adalah 71,25 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas kontrol adalah 77. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung =3,28 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian thitung 3,28 > ttabel 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Gugus IV Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:54
Last Modified: 25 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47681

Actions (login required)

View Item View Item