Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Astri, Survia (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SURVIA_ASTRI_19129172_3378_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing­ masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 27 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah RPP dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada penilaian RPP siklus I 89,76% (baik) meningkat pada siklus II 95,45% (sangat baik), penilaian aspek guru pada siklus I 89% (baik) meningkat pada siklus II 96,87% (Sangat Baik), penilaian aspek peserta didik pada siklus I 85,93% (baik) meningkat pada siklus II 93,75% (sangat baik), dan hasil belajar peserta didik pada siklus I 75,5 (C) meningkat pada siklus II 87,52 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:53
Last Modified: 25 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47678

Actions (login required)

View Item View Item