Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang

Annisa, Suqma (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SUQMA_ANNISA_19129171_3588_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran tematik terpadu. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran, dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang dengan jumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 78% (Cukup), dan siklus II 97,2% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 89,1 (Baik), dan siklus II 93,7% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 89,1 % (baik), dan siklus II 93, 7% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 64,4 dan siklus II dengan rata-rata 83,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:53
Last Modified: 25 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47674

Actions (login required)

View Item View Item