Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Media Quizi: Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang

Kurnia, Suci (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Media Quizi: Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SUCI_KURNIA_19129293_2102_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya basil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena peserta didik merasa bosan dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung,kurangnya kemampuan berfikir kritis, cenderung lambat dalam menangkap materi yang diberikan, serta kurangnya diskusi antara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan basil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model Kooperatif tipe Example Non Example dengan media Quiziz pada pembelajaran tematik Terpadu Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP pada siklus I Pertemuan 1 86% (B) Siklus 1 Pertemuan 2 89% (B) rata- rata dari siklus 1 88% .kemudian pada siklus II 95% (Sangat Baik). penilaian aspek guru pada siklus I Pertemuan 1 81 % (C) siklus 1 pertemuan 2 86% (Cukup) rata-rata siklus 1 84% (C). kemudian pada siklus II 95% (Sangat Baik). penilaian aspek peserta didik pada siklus I Pertemuan 1 81 % Siklus 1 Pertemuan II 83% rata-rata siklus I 82% (C) kemudian pada siklus II 95% (Sangat Baik). Hasil Belajar Peserta Didik siklus I Pertemuan 1 77,23% siklus 1 pertemuan II 81,92% Rata-rata siklus 1 79,8 dan siklus II 87. Berdasarkan basil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan basil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:26
Last Modified: 25 Oct 2023 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47671

Actions (login required)

View Item View Item