Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Barbantuan Sotware Atlas TI.

Pratama, Hariyanto Teguh (2023) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Barbantuan Sotware Atlas TI. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_HARIYANTO_TEGUH_PRATAMA_20134035_6033_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) salah satu lembaga pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang terampil sesuai kompetensi. Keadaan pendidikan kejuruan yang ada saat ini cukup memprihatinkan. Berdasarkan observasi awal koordinator prakerin SMK Negeri 3 Kota Pariaman, evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan prakerin itu tidak dilakukan ketika prakerin sudah selesai atau ketika siswa kembali ke sekolah, tetapi hanya di lakukan evaluasi terhadap laporan praktik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik kerja industri di SMK Negeri 3 Kota Pariaman. Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri tersebut dilihat dari aspek Antecendents, Transaction dan Outcomes dalam pelaksanaan evaluasi program praktik kerja industri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian mixed methods (kombinasi) dimana penelitian ini menggabungkan penelitian Kuantitatif dengan penelitian Kualitatif dengan model Contenance Stake. Informan penelitian adalah pihak sekolah, industri, dan siswa prakerin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket, dan wawancara. Hasil analisis data ditemukan tingkat ketercapaian pelaksanaan program prakerin pada tahap Antecendents, baik dilihat dari data kuantitatif maupunn kualitatif masuk ke dalam kategori Baik. Dikarenakan ada beberapa indikator yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan praktek kerja industri kedepannya. Ditinjau dari segi komponen Transaction, berdasarkan data angket dan wawancara dari beberapa indikator yang dilakukan. Komponen transaction masuk kedalam kategori Sangat Baik karena telah sesuai dengan kategori-kategori yang telah ditetapkan. Jika ditinjau dari segi komponen Outcomes, dari data wawancara dan hasil angket yang telah disebarkan kepada siswa. Komponen Outcomes dengan kategori Sangat Baik karna telah memenuhi kategori untuk memasuki dunia kerja. Penggunaan aplikasi software Atlas.ti sangat membantu peneliti dalam mengolah hasil wawancara, dikarenakan tool yang disuguhkan lewat software memudahkan dalam melihat dan meninjau kembali hasil wawancara yang sudah dilakukan oleh interviewer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartisia, DinaUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorZulfia, YolandafitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITASKREDIT, RASIO, TINGKAT KESEHATAN KREDIT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:11
Last Modified: 14 Dec 2023 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47670

Actions (login required)

View Item View Item