Perancangan dan Pembuatan Alat Pengangkut Sampah Otomatis pada Aliran Sungai dan Mendeteksi Kapasitas Sampah Berbasis Internet of Things (IoT).

Taguci, Shindy (2023) Perancangan dan Pembuatan Alat Pengangkut Sampah Otomatis pada Aliran Sungai dan Mendeteksi Kapasitas Sampah Berbasis Internet of Things (IoT). Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_6_SHINDY_TAGUCI_19066033_5641_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perancangan dan pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk membuat prototipe alat pengangkut sampah otomatis pada aliran sungai dan mendeteksi kapasitas sampah berbasis internet of things. Metode perancangan dan pembuatan pada proyek akhir menggunakan IDI (Instruksional Development Institute) yaitu penentu (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Define pada alat pengankut sampah dan mendeteksi kapasitas sampah ini adalah Atmega 328 sebagai pengontrol (kontroller) atau chip/otaknya alat, modul ESP 32 sebagai penghubung untuk proses Internet of things -nya untuk dapat di cooding menggunakan aplikasi arduino, dan menggunakan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi sampah yang akan mengalir di sungai, sensor load cell untuk mendeteksi beban sampah yang ada dikotak 1, dan setiap pergerakan pada alat di kendalikan oleh motor DC. Develop terdiri atas pembuatan kerangka sungai buatan berbentuk persegi panjang dengan 2 kotak sampah di atas permukaan aliran sungai tersebut sehingga membentuk liter L persegi. Ecaluate dikalukan untuk mengetahui bahwasannya setiap bagian pada alat berfungsi dengan baik. Hasil dari Proyek akhir ini adalah terciptanya alat pengangkut sampah otomatis di aliran sungai dan mendeteksi kapasitas sampah yang dapat di implementasikan di masyarakat untuk membantu pekerjaan manusia dalam menanggulangi masalah sampah di aliran sungai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulwisti, ZulwistiUNSPECIFIED
CorrectorFaiza, DelsinaUNSPECIFIED
CorrectorAgustiarmi, WindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ALAT PENGANGKUT SAMPAH, MIKROKONTROLER ATMEGA, SENSOR ULTRASONIK
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:09
Last Modified: 25 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47649

Actions (login required)

View Item View Item