Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectota Inspire dalam Pembelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan.

Randa, Yovi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectota Inspire dalam Pembelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_YOVI_RANDA_18065051_1816_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Departemen Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan peralatan audio dan video di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Dalam mengembangkan media ini, peneliti menggunakan metode pengembangan Intructional Development Institue (IDI) dengan menetapkan prinsip-pinsip pendekatan sistem yang meliputi tiga tahapan, yaitu define, develop, dan evaluate. Media pembelajaran Interaktf ini dirancang mengunakan Aplikasi Lectora Inspire yang berfungsi untuk membuat media dalam penyampaian materi pembelajaran perawatan dan perbaikan peralatan audio dan video dan juga didalam aplikasi ini dilengkapi dengan menu question untuk membuat evalusi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid dalam kesesuaian media, desain isi media, dan karakteristik media dengan nilai 95%, (2) Validitas materi pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid dalam aspek materi, penggunaan kalimat dan bahasa dengan persentase 94%. Kepraktisan media pembelajaran interaktif didapat dari respon siswa dengan persentase 85,76% dinyatakan dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorFaiza, DelsinaUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, PERALATAN AUDIO, PERALATANVIDEO
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:44
Last Modified: 24 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47640

Actions (login required)

View Item View Item