Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Zaiti, Nurmai (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_NURMAI_ZAITI_19045030_5296_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan . Penelitian menggunakan metode eksperimen jenis Quasi Eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest – Posttest Control Group Design. Dari uji T yang telah dilakukan didapatkan hasil untuk T hitung yaitu 3,703 sedangkan T tabel 2,024 maka pada pengujian ini T hitung ≤ Ttabel, Maka model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMAN 2 Lengayang. Uji N-Gain pada penelitian ini adalah kelas kontrol didapatkan nilai uji sebesar 55% dengan kategori sedang atau cukup efektif sementara untuk kelas eksperimen didapatkan nilai uji sebesar 78% dengan kategori tinggi atau sangat efektif. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:21
Last Modified: 23 Oct 2023 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47604

Actions (login required)

View Item View Item