Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Handayani, Petra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_PETRA_HANDAYANI_19045035_2147_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sebaran flora dan fauna di Indonesia dan Dunia kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F 7 yang berjumlah 32 orang. Prosedur dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Data di analisis melalui presentase dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Hal itu dibuktikan dengan perkembangan siklus I dan siklus II, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar, dimana ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 53% atau hanya 17 orang dari 32 siswa sedangkan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 88% atau sebanyak 28 orang siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajarnya. Peningkatan hasil belajar tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang menarik dan adanya tindakan pergantian kelompok serta pemberian rewards dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:21
Last Modified: 23 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47603

Actions (login required)

View Item View Item