Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang

Rahdia, Rahma Ella (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAHMA_ELLA_RAHDIA_19129279_3198_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ditemukan dalam pembelajaran. Kenyataan yang ditemukan belum tercapainya kompetensi yang yang diharapkan dari hasil belajar peserta didik baik dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Adapun harapan pembelajaran berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan Model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 28 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 85% (Baik), dan siklus II 95% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,3 (Baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 84,3% (Baik), dan siklus II 96,8% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 82,3, pada siklus I pertemuan 2 memperoleh nilai 87,9 sedangkan pada siklus siklus II memperoleh nilai 92,3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:41
Last Modified: 20 Oct 2023 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47586

Actions (login required)

View Item View Item