Pengembangan E-LKPD Menggunakan Book Creator Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar

Yazmin, Putri Fauziah (2023) Pengembangan E-LKPD Menggunakan Book Creator Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_PUTRI_FAUZIAH_YAZMIN_19129152_5267_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

LKPD yang ada di Sekolah Dasar biasanya berbentuk soal yang harus dijawab oleh peserta didik. Hal itu menyebabkan peserta didik malas untuk mengungkap konsep materi yang menunjang pembelajaran, sehingga hal tersebut berakibat pada pencapaian tujuan pembelajaran. LKPD yang digunakan pada sekolah seharusnya berbasis elektronik, sehingga hal tersebut sesuai dengan perkembangan IPTEK dalam dunia pendidikan. E-LKPD adalah salah satu wujud alat bantu pembelajaran yang mengenalkan teknologi kepada peserta didik, sesuai dengan kurikulum 2013 maka pembelajaran harus memanfaatkan teknologi yang tersedia dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Salah satu upaya pendidik untuk memberi ilmu kepada peserta didiknya adalah dengan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kebutuhan peserta didik nantinya dimasa depan, yang salah satunya adalah pengalaman dalam menggunakan teknologi. Suatu pembelajaran berhasil jika dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat memiliki pemahaman terhadap pembelajaran tersebut, dengan hal tersebut maka nantinya peserta didik dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas unggul, dengan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu penelitian ini mengangkat judul mengenai pengembangan E-LKPD. Penelitian mengenai pengembangan E-LKPD nu menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan metode ADDIE (Dick & Carry, 1996). Pengembangan E-LKPD ini menggunakan aplikasi Book Creator berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning di kelas V SD yang valid dan praktis. Adapun hasil uji validasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebesar 95,07% dengan kategori sangat valid dari 3 aspek yaitu, aspek materi, bahasa, dan aspek media. Untuk uji praktikalitas hasil yang didapatkan adalah sebesar 93,4% dengan (kategori sangat praktis) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:40
Last Modified: 20 Oct 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47584

Actions (login required)

View Item View Item