Pengembangan Media Video Berbentuk Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD

Fitri, Nining Yulianti (2023) Pengembangan Media Video Berbentuk Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NINING_YULIANTI_FITRI_19129141_4218_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat dan prasarana yang berperan sangat penting sebagai perantara, tanpa adanya media maka proses komunikasi antara peserta didik dengan pendidik tidak berjalan secara maksimal. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media yang menarik, menyenangkan, serta kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga pembelajaran bisa memotivasi pserta didik serta berpusat pada siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan media video berbentuk aplikasi sparkol videoscribe dikelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan pengumpulan data menggunakan angket dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, angket respon guru dan nagket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 03 Bandar buat dan SDN 05 Bandar Buat. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran memiliki tingkat validitas aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa memperoleh rata-rata 92,42% menunjukkan kategori sangat valid. Sedangkan dari angket respon peserta didik SDN 03 Bandar Buat memperoleh skor 94,65% berkategori sangat praktis dan angket respon guru dengan skor 96% berkategori sangat praktis. Sedangkan dari angket respon peseta didik SDN 05 Bandar Buat memperoleh skor 94,23% berkategori sangat praktis dan angket respon guru dengan skor 92%. Hasil uji efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil sangat efektif di SDN 03 Bandar Buat dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 89,65% sedangkan di SDN 05 Bandar Buat meningkat sebesar 92,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video berbentuk aplikasi sparkol videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:38
Last Modified: 20 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47570

Actions (login required)

View Item View Item