Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok

Aprilia, Mitha (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MITHA_APRILIA_18129068_3587_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan dimana tingkat keaktifan dari peserta didik yang masih rendah, kurangnya interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru, serta peserta didik dengan peserta didik lainnya. Hal ini berimbas pada rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu menggunakan model pembelajaran "Cooperative Integrated Reading and Composition" (CIRC) di Kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua 1 x pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hasil penelitian dilihat dari aspek RPP di siklus I diperoleh rata-rata skor 86,11 % dan pada siklus II diperoleh skor 94,44% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,81% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,81% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,1% (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,5% (Baik). Dengan demikian model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:44
Last Modified: 20 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47558

Actions (login required)

View Item View Item