Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Adobe Animate CC terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Padang

Melini, Priti (2023) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Adobe Animate CC terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PRITI_MELINI_18045077_829_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas kontrol, 2) mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen, dan 3) mengetahui pengaruh dari penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 287 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terbagi menjadi kelas kontrol yaitu kelas X2 dan kelas eksperimen yaitu kelas X3 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsrvasi untuk melihat kondisi sekolah, tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa, kuesioner untuk mendapatkan tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC, dan dokumentasi sebagai penyempurna data. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan teknik independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Adobe Animate CC. Berdasarkan hasil uji-t pada posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data kuesioner mengenai tanggapan siswa, media pembelajaran Adobe Animate CC memberi pengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan perolehan skor rata-rata sebesar 95,2% untuk tanggapan setuju, dan 4,8% untuk tanggapan tidak setuju terhadap pernyataan yang telah diberikan. Dalam hal ini, skor untuk tanggapan setuju lebih besar daripada tanggapan tidak setuju. Berdasarkan kriteria interpretasi kuesioner, skor >50% tergolong dalam kriteria positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE CC
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:43
Last Modified: 20 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47556

Actions (login required)

View Item View Item