Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Meningkatkan Karakter Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 3 Padang Timur

Jannah, Mifthahul (2023) Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Meningkatkan Karakter Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 3 Padang Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MIFTHAHUL_JANNAH_19129039_3046_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang menarik, menyenangkan dan mudah untuk dipahami peserta didik. Hal tersebut membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi serta sering merasa bosan dan kurangnya motivasi untuk belajar. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kesukaan peserta didik, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis PBL pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik digital berbasis PBL pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan untuk meningkatkan karakter peserta didik Sekolah Dasar Kelas IV yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development, Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Tahap pertama, menghasilkan analisis kebutuhan peserta didik, analisis kurikulum dan analisis materi. Tahap kedua adalah diproduksi sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran. Tahap ketiga, desain produk distandarisasi melalui uji validitas oleh para ahli dan praktisi. Sesuai dengan penilaian dan saran dari para ahli dan praktisi, revisi dibuat untuk produk. Tahap keempat kegiatan menggunakan produk. Tahap keempat adalah evaluasi, penilaian apakah setiap langkah kegiatan dan produk yang telah dibuat sesuai dengan yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV Gugus 3 Padang Timur. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang memiliki tingkat validitas materi 78,75% dengan kategori sangat valid, validitas media 94,695% dengan kategori sangat valid, validitas bahasa 75% dengan kategori valid. Hasil angket respon guru 94,79% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik 98% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan presentase hasil 85,18% meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa komik digital pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:30
Last Modified: 20 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47555

Actions (login required)

View Item View Item