Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 13 Limo Koto Kabupaten Sijunjung

Suryani, Mesi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 13 Limo Koto Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MESI_SURYANI_19129132_3618_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru belum optimal memanfaatkan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 13 Limo Koto Kabupaten Sijunjung. J enis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Ke las (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V SDN 13 Limo Koto yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 17 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis perencanaan RPP: a) RPP menunjukkan rata-rata pada siklus I 85.27% (B) meningkat menjadi 97.22% (SB) pada siklus II, b) pelaksanaan aspek guru siklus I I 83.43% (B) meningkat menjadi 95.31 % (SB) pada siklus II, sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik pada siklus I 83.43% (B) meningkat menjadi 95.31 % (SB) pada siklus II, c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73.90 (C) dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 84.87 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:30
Last Modified: 20 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47554

Actions (login required)

View Item View Item