Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Azim, M. Fauzan (2023) Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_M_FAUZAN_AZIM_18234050_7695_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2020 tentang pencarian suatu informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tugas kuliah, ternyata dalam praktiknya kebanyakan mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2020 tidak menerapkan pola pencarian informasi sebagaimana yang telah dipelajari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku pencarian informasi mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah 87 orang mahasiswa angkatan 2020 prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 87 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku pencarian informasi mahasiswa sudah baik dari segi menyadari pentingnya kebutuhan informasi dengan skor rata-rata jawaban 3.055, mampu mengidentifikasi dan memilih informasi yang akan dicari dengan skor rata-rata jawaban 2.833, sudah baik dari segi eksplorasi dengan skor rata-rata jawaban 2.90, sudah mampu memfokuskan informasi dan menjawab ketidaktahuan yang dirasakan diawal dengan skor rata-rata jawaban 2.86, dan sangat baik pada segi collection dengan skor rata-rata jawaban 3.553 dan presentation dengan skor rata-rata jawaban 3.553. Jadi, tahapan yang paling menonjol yaitu tahap collection yang ditandai dengan kemampuan mahasiswa yang sudah mampu mengumpulkan informasi sesuai yang dibutuhkan, dan tahap presentation yang ditandai dengan kemampuan mahasiswa yang mampu menggunakan informasi sebaik mungkin dengan berbagai referensi yang tepat dan memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU PENCARIAN INFORMASI
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:16
Last Modified: 20 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47543

Actions (login required)

View Item View Item