Pengembangan Multimedia lnteraktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar

Fauzana, Laura (2023) Pengembangan Multimedia lnteraktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_LAURA_FAUZANA_18129122_841_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik serta belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi karena guru hanya berpedoman pada buku tema dan LKS sebagai media pembelajaran. Maka karena itu permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah, "Bagaimana pengembangan multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis?". Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. J enis penelitian yang dilakuakan ini adalah penelitian pengembangan atau Research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 26 Air Tawar Timur. Multimedia interaktif yang telah dirancang divalidasi terlebih dahulu oleh validator kemudian diujicobakan ke SDN 26 Air Tawar Timur untuk mengetahui praktikalitas dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi adobe flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6 dinyatakan sangat valid dengan perolehan rata-rataa ahli media 94,28%, ahli materi 90,67%, ahli bahasa 94,28%. Respon guru dan peserta didik terhadap uji coba multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi adobe flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6 dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata respon guru 92,5%, dan respon peserta didik 96,66%. Dengan demikian maka pengembangan multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi adobe flash CS6 pada pembelaj aran tematik terpadu di kelas V SD dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:55
Last Modified: 20 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47537

Actions (login required)

View Item View Item