Oktaviani, Ira
(2023)
Pengembangan E-Modul IP AS Berbasis Aplikasi Flip PDF Corporate pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar yang tersedia di sekolah serta sumber belajar yang kurang bervariasi. Sumber belajar yang tersedia masih berbentuk cetak, belum menggunakan bahan ajar yang menggunakan teknologi (Digital). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menghasilkan modul pembelajaran IPAS berbasis digital menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu : analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). E-modul yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli materi oleh guru penggerak. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik. subjek uji coba produk di SD Negeri 05 Tarok Dipo Bukittinggi.
Hasil dari penelitian e-modul IPAS memperoleh tingkat kevalidan 79,85% dari aspek materi, 87,99% dari aspek media, 90% dari aspek bahasa dan 92% dari aspek materi oleh guru penggerak dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan e-modul sangat praktis dengan presentase respon guru di sekolah penelitian adalah 93,75% dan persentase respon peserta didik di sekolah penelitian adalah 97,28%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate di sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |