Rahim, Ilma
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble di Kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dan bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model cooperative learning tipe scramble di kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar.
J enis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Ke las (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP siklus I menunjukkan rata-rata 85% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata
85% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82% (C) dan siklus II menjadi 94,44% (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 80 (C) dan siklus II 93 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |