Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble di Kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar

Rahim, Ilma (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble di Kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ILMA_RAHIM_19129233_3992_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dan bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model cooperative learning tipe scramble di kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar. J enis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Ke las (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 13 Saruaso Kabupaten Tanah Datar dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP siklus I menunjukkan rata-rata 85% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 85% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82% (C) dan siklus II menjadi 94,44% (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 80 (C) dan siklus II 93 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:52
Last Modified: 20 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47524

Actions (login required)

View Item View Item