Deskriptif Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan

Nasution, Gustina (2023) Deskriptif Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_GUSTINA_NASUTION_18022014_4231_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Karakter tanggung jawab pada anak perlu dibentuk dan bina sejak dini karena dengan diberikan penanaman perilaku tanggung j awab anak akan terbiasa dalam mempertimbangkan setiap perilakunya. Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan merupakan sekolah yang menerapkan pelaksanakan karakter tanggung jawab pada anak. Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan menggunakan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembentukan karakter tanggung jawab pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk melihat pelaksanaan pembentukan karakter tanggung jawab anak usia dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan. Subjek penelitian adalah anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan dan informan penelitian ini kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pertama yaitu observasi yang dilakukan sesuai dengan format yang telah dibuat, selanjutnya yaitu melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan guru yang pertanyaannya sesuai dengan format yang dibuat dan langkah terakhir yaitu pengambilan dokumentasi. Hasil penelitian mendeskripsikan: 1) Perencanaan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak 2) Pelaksanaan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak 3) Evaluasi Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak sudah terbiasa bersikap tanggung jawab hal ini terlihat ketika membentuk karakter tanggung j awab anak guru melakukan pembiasaan dengan memberi arahan dan peringatan yang bisa dipahami anak serta contoh langsung pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:51
Last Modified: 20 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47522

Actions (login required)

View Item View Item