Sahra, Feby Valentina (2023) Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sejarah Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_02_FEBY_VALENTINA_SAHRA_17046154_6839_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan langkah langkah pengembangann instrumen tes kemampuan literasi sejarah, menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen tes pengukuran literasi sejarah yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan R&D. Model pengembangan menerapkan 4D yang terdiri dari empat tahap, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Subjek uji penelitian ini melibatkan pakar sejarah dan pakar pendidikan sejarah untuk uji kelayakan oleh satu orang dosen yang menjadi validator bidang materi, tiga orang dosen sebagai validator instrumen tes literasi sejarah, dua orang guru untuk uji kelayakan dan kepraktisan, dan 20 orang siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium untuk uji kepraktisan. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 4 kategori data dianalisis menggunakan rumus Aiken’v dan rereta. Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut. Langkah langkah pengembangan instrumen tes literasi sejarah pada tahap pendefinisian yakni melakukan analisis kebutuhan instrumen pengukuran literasi sejarah, tahap perancangan membuat butir butir, tahap pengembangan (develop) meminta komentar, masukan, saran dan penilaian (validasi) dari pakar (validator) sejarah dan pakar penilaian dan tahap penyebarluasan (disseminate) melakukan uji coba instrumen di sekolah untuk uji praktikalitas instrumen literasi sejarah. Hasil uji kelayakan instrumen pengukuran kemampuan literasi sejarah siswa kelas XI dari segi kelayakan materi diperoleh rerata 3,65 dengan kategori sangat layak. Kevalidan instrumen dari segi isi (content validity) ditunjukkan oleh indeks validitas (CVI adalah 0,88 > 0,87). artinya instrumen pengukuran literasi sejarah dari segi isi dinyatakan valid. Sedangkan tingkat kepraktisan dan keefektifan instrumen pengukuran kemampuan literasi sejarah oleh guru diperoleh rerata 3,5 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan dan keefektifan instrumen pengukuran kemampuan literasi sejarah oleh siswa diperoleh rerata 3,4 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur literasi sejarah siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | LITERASI SEJARAH, PEMBELAJARAN SEJARAH, INSTRUMEN PENGUKURAN | ||||||||||||
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47520 |
Actions (login required)
View Item |