Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung

Gunsi, Fitria (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FITRIA_GUNSI_19129121_2957_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di SDN 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung, ditemukan bahwa proses pembelajaran guru belum optimal dalam menggunakan model yang bervariasi dan basil belajar peserta didik rendah, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan basil belajar tematik terpadu peserta didik menggunakan Model Problem Based Leaming (PBL) di Ke las V SD N egeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian mt adalah Penelitian Tindakan Ke las dengan menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung dengan jumlah 14 peserta didik, yang terdiri dari 4 perempuan dan 10 laki-laki. Data penelitian diperolch dengan menggunakan observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu : ( 1) Penilaian RPP siklus I adalah 94,31 % dengan kualifikasi sangat baik (SB), siklus II meningkat menjadi 97,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (2) Penilaian aspek guru siklus I adalah 82, 13% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (3) Penilaian aspek peserta didik siklus I adalah 82, 13% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (4) Hasil belajar peserta didik siklus I adalah 71,1 %, siklus II meningkat menjadi 87,2%. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Leaming (PBL) dapat meningkatkan basil be lajar peserta didik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:42
Last Modified: 20 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47519

Actions (login required)

View Item View Item